Penggunaan politik identitas marga Bancin dalam pemilihan kepala Desa Kuta Tinggi Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2022

Manik, Toni (2023) Penggunaan politik identitas marga Bancin dalam pemilihan kepala Desa Kuta Tinggi Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1606016008_Toni_Manik] Text (Skripsi_1606016008_Toni_Manik)
1606016008_Toni Manik_Full Skripsi - 97-Toni Manik.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Politik identitas timbul karena adanya keinginan untuk diakui dan diperlakukan setara atau adil, kemauan untuk menjaga nilai budaya dari masing-masing kelompok, dan karena rasa kesetiaan kepada marga Bancinnya. Politik identitas dapat dimaknai sebagai suatu tindakan individu atau kelompok dalam politik yang mengutamakan perebutan kekuasaan dengan landasan kesamaan identitas, yang mana kesamaan tersebut termasuk pada marga, ras, gender, atau keagamaan (Buchari, 2014). Dalam Penelitain ini Membahas tentang penggunaan identitas marga Bancin yang digunakan dalam pemilihan kepala desa Kuta tinggi adanya identitas marga yang digunakan calon untuk memenangkan kontestan dalam pemilihan kepala desa Kuta Tinggi. Tahun 2022
Desa Kuta Tinggi merupakan desa yang notabiltasnya memiliki marga anatara lain marga bancin, berutu, Tumangger, Banurea dan marga lainnya. Desa Kuta tinngi dikenal dengan desa yang masyarakatnya memiliki adat istiadat yang masih kental dengan sisilah marga yang sifatnya masih turun temurun dari nenek moyang zaman dulu.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan langsung yang digunakan peneliti untuk menganalisis dan memahami pengalaman-pengalaman, Peneliti menggunaan data yang diperlukan dengan melakukan wawancara tidak tersruktur, observasi partisipatif, serta melihat dokumen-dokumen terkait.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal, Pertama; bahwa dalam pemilihan kepala di desa Kuta Tinggi marga bancin merupakan salah satu alat yang kuat dalam memenangkan kontestasi pilkades di desa kuta Tinggi, karena sejarahnya kepala desa kuta Tinggi dari Tahun ke tahun selau di menangkan oleh marga bancin. Kedua dalam pemilihan kepala desa kuta Tinggi penggunnan pilitik identitas marga bancin selalu di digunakan para calon kepala desa untuk manipulasi dan mobilisasi masyarakat desa kuta tinggi, berdasarakan penelitian yang di lakukan di lapangan masyarakat desa kuta Tinggi cendrung memilih calon kepala desa berdasarkan marga yang sama yaitu marga bancin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Politik Identitas; marga; pemilihan kepala desa
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 09 Sep 2023 07:17
Last Modified: 09 Sep 2023 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21004

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics