Partisipasi politik nelayan Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari pada Pilkada Kabupaten Kendal 2020

Supriyanto, Achmad (2023) Partisipasi politik nelayan Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari pada Pilkada Kabupaten Kendal 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1706016031_Achmad supriyanto_Full Skripsi - Achmad _supriyanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas menganai partisipasi Politik Masyrakat Nelayan Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari pada Pilkada 2020 Kabupaten Kendal. Tujuan dari peneltian ini yaitu pertama, untuk mengetahui bentuk partisipasi politik Masyrakat Nelayan Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari pada Pilkada 2020 Kabupaten Kendal. Kedua, untuk mengtahui faktor-faktor Masyrakat Nelayan Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari pada Pilkada 2020 Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunkan pendekatan studi kalsus, metode ini dilalkukaln dengaln memalhalmi sertal menyelidiki individu altalu kelompok tertentu yalng mengallalmi persoallaln sosiall malupun kemalnusialn, proses penelitialn ini peneliti dihalruskaln memunculkaln pertalnyalaln yalng alkaln ditalnyalkaln kepaldal palrtisipaln altalu nalralsumber, mengumpulkaln daltal yalng spesifik daln mengalnallisis daltal yalng telalh berhalsil didalpaltkaln, maka penelitian ini menggunakan terori partisiapsi politik menurut Samuel P. Huntington.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa partisipasi Masyrakat Nelayan Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari pada Pilkada 2020 Kabupaten Kendal secara baik dan antusias besar warga, terdapat kampanye yang dilakukan oleh Komunitas unit bersama masyarakat nelayan yang menjadi tim sukses salah satu calon bupati. Motif partisipasi politik masyarakat nelayan Desa Sendang Sikucing secara umum adalah motif emosional afektif, masyarakat memilih berdasarkan gender, jenis kelamin, dan terdapat motif rasional instrumental dengan adanya money politik pada pilkada 2020. Partisipasi masyarakat juga atas dasar kelas, lingkungan dan pekerjaan mereka sebagai pendorong partisiapsi pada pilkada kendal 2020. Peningkatan partisiapsi politik di masyarakat Desa Sendang Sikucing, masyarakat menyakini bahwasanya mereka memilih calon pemimpin berdasarkan individu atau sosok yang memiliki bukti nyata, serta kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat nelayan Desa Sendang Sikucing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Masyarakat nelayan; partisipasi politik; pilkada
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:16
Last Modified: 11 Sep 2023 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21008

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics