Pengaruh IHSG dan kurs terhadap Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana syariah dengan inflasi sebagai variabel moderasi : studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di OJK tahun 2018-2022

Lutfiyanti, Riska (2023) Pengaruh IHSG dan kurs terhadap Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana syariah dengan inflasi sebagai variabel moderasi : studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di OJK tahun 2018-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046095_Riska_Lutfiyanti_lengkap] Text (Skripsi_1905046095_Riska_Lutfiyanti_lengkap)
1905046095_Riska_Lutfiyanti_lengkap_tugas_akhir[1] - Riska Lutfiyanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh IHSG terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah, untuk mengetahui pengaruh Kurs terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah, untuk mengetahui Inflasi dapat memoderasi hubungan IHSG terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah dan untuk mengetahui Inflasi dapat memoderasi hubungan Kurs terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan jenis data sekunder yang diperoleh secara time series. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Reksa dana syariah yang terdaftar di OJK Tahun 2018- 2022. Kemudian teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga memperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan Reksa dana syariah. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian menyatakan bahwa IHSG terpengaruh positif terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah, Kurs berpengaruh negatif terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah, Inflasi tidak dapat memoderasi hubungan IHSG terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah dam Inflasi dapat memperkuat hubungan Kurs terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Reksa dana syariah; Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG); Kurs; Inflasi; Nilai Aktiva Bersih (NAB)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:30
Last Modified: 11 Sep 2023 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics