Politik distribusi bantuan sosial : studi bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) Di Desa Sindanglaka Kabupaten Cianjur tahun 2022

Ayuni, Kania Sekar (2023) Politik distribusi bantuan sosial : studi bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) Di Desa Sindanglaka Kabupaten Cianjur tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906016013_Kania_Sekar_Ayuni] Text (Skripsi_1906016013_Kania_Sekar_Ayuni)
1906016013_KANIA SEKAR AYUNI_FULL SSKRIPSI - kaniasekarayuni 2001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa merupakan hasil dari kebijakan pemerintah sebagai salah satu upaya untuk membantu masyarakat pada masa pandemi Covid-19 perekonomiannya terdampak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan distribusi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Sindanglaka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengimplementasikan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Sindanglaka tergolong kedalam distribusi yang bersifat Politik Non Programatik, bahwasanya dalam pelaksanaan distribusi dibawah Pemerintahan Desa Sindanglaka seperti Kepala Desa, Ketua RT, Ketua RW tidak melaksanakan kebijakan distribusi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa sebagaimana mestinya, BLT DD masih saja diterima oleh masyarakat yang tidak tergolong dalam syarat kriteria penerima manfaat BLT DD yang telah ditetapkan, bahkan dengan sistem bergilir yang dijalankan berdampak kepada masyarakat penerima manfaat yang sebenarnya sehingga yang bersangkutan harus rela bagiannya digilirkan kepada masyarakat yang masih kerabat dengan pejabat Desa dengan keadaan ekonominya lebih tinggi dibanding dengan masyarakat seharusnya menerima manfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19; bantuan langsung tunai; dana desa; politik distribusi.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:21
Last Modified: 12 Sep 2023 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21032

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics