Partisipasi politik perempuan : studi tentang relasi kuasa dan akses perempuan dalam politik desa di Dusun Kalisidi, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang

El Hasna, Erina Milata (2023) Partisipasi politik perempuan : studi tentang relasi kuasa dan akses perempuan dalam politik desa di Dusun Kalisidi, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906016135_Erina_Milata_El_Hasna] Text (Skripsi_1906016135_Erina_Milata_El_Hasna)
1906016135_Erina Milata El Hasna_ Lengkap Tugas Akhir - Erina Milata.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi partisipasi politik perempuan di Dusun Kalisidi, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, yang mana partisipasi politik perempuan di Dusun Kalisidi terbilang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan lebih mendalam terkait pembahasan partisipasi politik perempuan di Dusun Kalisidi dan relasi kuasa dan aksen perempuan dalam politik desa. Adapun dua permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana partisipasi dan akses perempuan dalam politik desa di Dusun Kalisidi, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang? (2) Bagaimana relasi kuasa dalam politik desa di Dusun Kalisidi, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berlokasi di Dusun Kalisidi, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang dengan tujuan untuk mempelajari fenomena yang akan terjadi pada subjek penelitian di lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan teori Relasi Kuasa dari Michel Foucault.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi politik perempuan yang masih rendah di Dusun Kalisidi disebabkan karena adanya budaya patriarki yang juga dilanggengkan oleh masyarakat dusun Kalisidi (2) Relasi kuasa yang terjalin antara tokoh masyarakat dengan pemimpin dusun menciptakan kepemimpinan yang kurang seimbang hal tersebut menjadikan kepemimpinan di Dusun Kalisidi bersifat dominatif yang berpusat pada tokoh masyarakat selaku representasi laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi politik; relasi kuasa; politik desa
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:48
Last Modified: 14 Sep 2023 03:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21059

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics