Pengaruh model cooperative learning melalui media puzzle tipe jigsaw terhadap peningkatan keterampilan bercerita mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Gondang Pemalang

Nurulita, Devi (2023) Pengaruh model cooperative learning melalui media puzzle tipe jigsaw terhadap peningkatan keterampilan bercerita mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Gondang Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1703096019_Devi Nurulita_Lengkap] Text (Skripsi_1703096019_Devi Nurulita_Lengkap)
Skripsi_1703096019_Devi Nurulita_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Cooperative learning melalui media puzzle tipe jigsaw terhadap peningkatan keterampilan bercerita bahasa Indonesia siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Gondang Pemalang. Skripsi ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode Quasi Experimen Desaign One Group Pre-test Post-test. Sampel penelitian ini adalah sampel jenuh, dimana semua dari populasi menjadi sampel, yaitu seluruh kelas V MI Mubtadiin Gondang Pemalang. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu pelaksanaan pembelajaran melalui metode konvesional tanpa menggunakan metode Cooperative Learning melalui media puzzle tipe jigsaw dan penelitian saat eksperimen mengunakan metode Cooperative Learning melalui media puzzle tipe jigsaw.Hasil anaslisis tes (post-test) menunjukan bahwa penelitian saat mengunakan metode Cooperative Learning melalui media puzzle tipe jigsaw lebih baik dibanding dengan pelaksaan pembelajaran sebelum diberi perlakuan. Dibuktikan dengan hasil rata-rata pelaksanaan metode konvesional 29.5617 dan nilai rata-rata saat eksperimen sebesar 79.7461. Dengan demikian, bahwa pelaksanaan pembelajaran metode Cooperative Learning melalui media puzzle tipe jigsaw berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan bercerita mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Mubtadiin Gondang Pemalang pada semester II tahun 2022/2023. Dibuktikan dengan nilai signifikasi 2 arah (t-tailed) 0.000 < 0.05. . Dan dibuktikan dengan hasil uji N-gain pada diketahui bahwa nilai rata-rata nilai N-gain skor termasuk dala katergori sedang. Dengan nilai N – gain skor 0,66 (0,3 ≤ g ≤ 0,7).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning; Media Puzzle; Jigsaw; Keterampilan bercerita; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:24
Last Modified: 18 Sep 2023 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21093

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics