Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Tugu Kota Semarang

Yulinar, Tri (2023) Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Tugu Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1803096003_Tri Yulinar_Lengkap] Text (Skripsi_1803096003_Tri Yulinar_Lengkap)
Skripsi_1803096003_Tri Yulinar_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Tugu Kota Semarang. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pre – experiment desaign yaitu dengan menggunakan desaign one – group pretest –postest desaign. Populasi yang diambil yaitu dari seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa yang hanya berjumlah satu kelas saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Pada hasil observasi di kelas IV MI Miftahus Shibyan Tugu Kota Semarang menyatakan bahwa sebelum penelitian siswa ketika belajar itu terlihat pasif, merasa bosan, siswa sulit memahami materi, mengantuk, tidak semangat dalam belajar, kurang aktif, dan berpengaruh juga pada rendahnya hasil belajar IPA siswa. Namun setelah penelitian siswa ketika belajar itu terlihat aktif, semangat dan antusias dalam belajar, termotivasi, dapat memahamkan siswa dalam memahami materi, dan hasil belajar IPA nya pun dapat meningkat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada bagian lampiran.
Rata – rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 53,065 dan nilai posttest adalah 85,645. Berdasarkan hasil perhitungan koefisiensi uji regresi linier sederhana diperoleh t hitung sebesar 4,073 > t tabel2,022 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat dijelaskan bahwa H_o ditolak dan H_(a )diterima. Artinya terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa dari penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Tugu Kota Semarang dan memberikan hasil kontribusi sebesar 36,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Media audio visual; Hasil ;elajar; IPA; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:50
Last Modified: 18 Sep 2023 03:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21096

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics