Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya kelas IV MI Tarbiyatul Khairat

Khaerani, Maristema (2023) Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya kelas IV MI Tarbiyatul Khairat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1803096026_Maristema Khaerani_Lengkap] Text (Skripsi_1803096026_Maristema Khaerani_Lengkap)
Skripsi_1803096026_Maristema Khaerani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penggunaan media pop-up book dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas IV MI Tarbiyatul Khairat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya kelas IV MI Tarbiyatul Khairat. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest desaign. Dalam penelitian ini populasi sekaligus sampel kelas IV MI Tarbiyatul Khairat Semarang yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan perhitungan uji analisis data dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = n-1, diperoleh hasil thitung(12,6871) > ttabel (2,0452), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak atau terdapat perbedaan signifikan antara pemahaman konsep IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya sebelum dan sesudah adanya perlakuan (treatment). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pop-Up book; Pemahaman Konsep; IPS; Suku bangsa; Budaya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:58
Last Modified: 18 Sep 2023 07:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics