Analisis miskonsepsi siswa menggunakan metode four tier diagnostic test pada materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas X ilmu sosial

Khoiro, Zahrotul Lailatin (2022) Analisis miskonsepsi siswa menggunakan metode four tier diagnostic test pada materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas X ilmu sosial. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086004_Zahrotul_Lailatin_Khoiro] Text (Skripsi_1708086004_Zahrotul_Lailatin_Khoiro)
Skripsi_1708086004_Zahrotul_Lailatin_Khoiro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Biologi merupakan ilmu pengetahuan dengan konsep yang bersifat abstrak sehingga memungkinkan terjadinya miskonsepsi pada pemahaman siswa. Miskonsepsi ini dapat mempengaruhi capaian hasil belajar siswa jika dibiarkan begitu saja, sehingga diperlukan analisis lebih jauh mengenai miskonsepsi siswa khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat miskonsepsi siswa menggunakan metode Tes Diagnostik Four-tier pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X Ilmu Sosial MA Mazraatul Ulum Paciran Lamongan dan faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dimana sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 35 siswa dari kelas X Ilmu Sosial 1, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi siswa yang terjadi pada klasifikasi makhluk hidup tergolong sedang dengan persentase sebesar 59,7%. Adapun faktor internal penyebab terjadinya miskonsepsi meliputi kemampuan kognitif, prakonsepsi, dan minat belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal penyebab miskonsepsi meliputi metode, media dan pendekatan serta sumber belajar yang digunakan selama pembelajaran. Manfaat penelitian ini berguna untuk siswa, guru, sekolah dan peneliti dalam meminimalisir terjadinya miskonsepsi siswa pada proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi makhluk hidup; Metode four-tier; Diganostic test; Miskonsepsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:39
Last Modified: 19 Sep 2023 06:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21106

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics