Efektivitas metode tikrar dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa kelas 1 MI Al-Musyaffa’ Semarang

Maulidina, Tamara (2023) Efektivitas metode tikrar dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa kelas 1 MI Al-Musyaffa’ Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1803096062_Tamara Maulidina_Lengkap] Text (Skripsi_1803096062_Tamara Maulidina_Lengkap)
Skripsi_1803096062_Tamara Maulidina_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi yang dilaksanakan membahasa tentang implementasi metode tikrar dalam mata pelajaran tahfidz di kelas 1 MI Al-Musyaffa’. Kajian ini dilatar belakangi oleh siswa mengalami kendala terkait metode yang digunakan ustadzah dalam mata pelajaran tahfidz sebelumnya yaitu metode klasikal. Beberapa siswa mengaku malas, bosan, jenuh, dan tidak semangat dalam mengikuti pelajaran tahfidz. Dan diketahui bahwa hasil akhir nilai siswa pada pembelajaran tahfidz kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana penerapan metode tikrar dalam pembelajaran tahfidz di kelas 1 MI Al-Musyaffa’. .
Penelitian ini adalah penelitian yang berjenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatakan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi,angket/ kuesioner, dan tes lisan. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan pada analisis data studi kasus kualitatif adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam pelaksanaan tahfidz Al-Qur’an menggunakan metode tikrar di MI Al-Muyaffa’ ini membantu siswa untuk tetap menjaga hafalannya dengan selalu mengulang-ulang hafalan. Kelebihan metode tikrar ini yaitu dapat memperkuat hafalan yang sudah dihafalkan. Sedangkan kelemahan metode tikrar yaitu membutuhkan waktu yang lama karena harus mengulang-ulang hafalan. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan metode tikrar dalam meningkatkan hafalan juz 30 yang dimasukkan dalam mata pembelajaran tahfidz efektif untuk siswa yang menghafalkan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Metode tikrar; Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:19
Last Modified: 20 Sep 2023 01:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21107

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics