Analisis pelaksanaan praktikum biologi daring SMA/MA negeri di Kabupaten Blora

Hamidah, Romzatul (2022) Analisis pelaksanaan praktikum biologi daring SMA/MA negeri di Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086030_Romzatul_Hamidah] Text (Skripsi_1708086030_Romzatul_Hamidah)
Skripsi_1708086030_Romzatul_Hamidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring dilandasi kebijakan pemerintah melalui Surat Edaran (SE) Nomor 4 tahun 2020. Masa darurat pandemi covid seluruh proses pembelajaran dialihkan menjadi daring. Pembelajaran biologi tidak lepas dengan adanya pelaksanaan praktikum. Dengan adanya kebijakan tersebut mengharuskan guru dapat beradaptasi dan menciptakan ide kreatif agar selama pembelajaran daring praktikum tetap dapat dilaksanakan. Sehingga tujuan pembelajaran dapat disampaikan dengan baik dan siswa mendapatkan ilmu yang seharusnya didapatkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana dalam pengambilan data peneliti menggunakan 3 metode yaitu wawancara, kuisioner, dan studi observasi. Analisis data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan praktikum daring SMA/MA Negeri se-Kabupaten Blora dilakukan hanya pada materi tertentu saja dan dominan dilaksanakan dengan cara mandiri dari rumah menggunakan alat dan bahan sederhana yang mudah ditemui. Praktikum biologi daring tergolong dalam kategori kurang baik. Hal tersebut diketahui dari adanya beberapa sekolah yang tidak melakukan praktikum ketika pembelajaran daring dan adanya banyak kendala yang dialami siswa ketika praktikum daring dilaksanakan. Kendala diketahui dari kuisioner siswa yang menunjukkan 71,6 siswa kurang memahami instruksi praktikum, 54,3% siswa mengalami miskonsepsi materi setelah melaksanakan praktikum online, 56,8% siswa terkendala ketersediaan alat dan bahan praktikum, dan 59,3% siswa menyatakan waktu pelaksanaan praktikum terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Praktikum biologi; Daring; Pandemi covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:38
Last Modified: 20 Sep 2023 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21111

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics