Pengaruh metode pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu

Alfarezta, Rima (2023) Pengaruh metode pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903096009_Rima Alfarezta_Lengkap] Text (Skripsi_1903096009_Rima Alfarezta_Lengkap)
Skripsi_1903096009_Rima Alfarezta_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode giving question and getting answer terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengam-bilan sampel purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas IVC. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data awal yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas untuk pengambilan sampel. Untuk analisis data akhir uji yang digunakan adalah uji normalitas, uji perbedaan rata-rata, korelasi biserial, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan menggunakan metode pembela-jaran giving question and getting answer. Hal tersebut dibuktikan melalui pretest dan posttest yang dilakukan, nilai pretest sebesar 68,33 dan posttest sebesar 81,07. Dan korelasi biserial sebesar 0,557 dengan pengaruh sedang, pada koefisien determinasi berpengaruh sebesar 31,02%. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada materi Gaya menggunakan metode pem-belajaran giving question and getting answer berpengaruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode giving question; Getting answer; Hasil bela-jar; Kognitif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:16
Last Modified: 20 Sep 2023 08:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21112

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics