Pengembangan petunjuk praktikum biologi dengan pendekatan MIKIR untuk melatih Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa di SMA Negeri 1 Demak kelas XI
Dzulfikri, Rais (2022) Pengembangan petunjuk praktikum biologi dengan pendekatan MIKIR untuk melatih Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa di SMA Negeri 1 Demak kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808086029_Rais_Dzulfikri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Mata pelajaran biologi berkarakteristik empiris dan membutuhkan stimulus, sehingga diperlukan praktikum agar pembelajaran sesuai tujuan. Kegiatan praktikum biologi di SMA Negeri 1 Demak dalam pelaksanaanya terdapat kendala, diantaranya adalah belum adanya petunjuk praktikum terstruktur serta melatih HOTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk petunjuk praktikum biologi kelas XI dengan pendekatan MIKiR untuk melatih HOTS dan menguji kelayakan produk. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE mengacu pada Dick & Carry serta dibatasi pada tahapan development. Hasil desain pengembangan produk terdapat 6 praktikum pada KD keterampilan 4.1, 4.2, 4.3, dan 4.4 dengan fokus materi pada sel hewan dan tumbuhan, bioproses serta jaringan hewan dan tumbuhan. Hasil validasi produk diperoleh kelayakan ahli materi hewan dan ahli materi tumbuhan 89,06% (sangat layak), ahli media 80% (layak), ahli pendekatan pembelajaran 93,75% (sangat layak), ahli HOTS penilaian sesuai tingkatan dan guru biologi 87,50% (sangat layak). Hasil uji normalitas Shapiro Wilk menunjukan nilai kelas A 0,516, kelas B 0,014, dan kelas C 0,077 dinyatakan terdistribusi normal. Uji homogenitas Levene menunjukan nilai 0,391 dan dinyatakan data terdistribusi homogen. Hasil uji coba skala kecil pada siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Demak memiliki nilai 88,22 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi, produk petunjuk praktikum biologi kelas XI yang telah dikembangkan dinyatakan dapat digunakan sebagai bahan ajar praktikum biologi di laboratorium.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Petunjuk praktikum; Biologi; Pendekatan MIKIR; HOTS |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 07:01 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 07:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21117 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year