Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping pada konsep cuaca terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas III MI NU 56 Krajankulon
Rohali, Kiki Nuzriah (2023) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping pada konsep cuaca terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas III MI NU 56 Krajankulon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.
Skripsi_1903096012_Kiki Nuzriah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping pada konsep cuaca terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas III MI NU 56 Krajankulon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi exsperimen dengan bentuk posttest only. Subjek penelitian adalah kelas III D sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata untuk analisis data awal dan uji perbedaan rata-rata dan regresi untuk uji data akhir dan pengaruhnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping memiliki peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,73 sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 78,33. Dengan regresi untuk melihat pengaruhnya didapatkan sebesar 69,3% sehingga model pembelajaran kooperatif tipe window shopping mempengaruhi hasil belajar kognitif. Dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas III MI NU 56 Krajankulon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Window shopping; Hasil belajar; Kognitif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 08:44 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 08:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21119 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year