Implementasi otomasi perpustakaan di SMA Negeri 2 Pemalang

Rahmawati, Citra Aulia (2022) Implementasi otomasi perpustakaan di SMA Negeri 2 Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036039_Citra_Aulia_Rahmawati] Text (Skripsi_1803036039_Citra_Aulia_Rahmawati)
Skripsi_1803036039_Citra_Aulia_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana tenaga perpustakaan dalam mengimplementasikan otomasi perpustakaan di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang dan kendala dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh perpustakaan dalam mengimplementasikan otomasi perpustakaan di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dilakukan analisis data dengan memberikan teori pada setiap data yang dikumpulkan dan data tersebut ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi otomasi perpustakaan di SMA N 2 Pemalang yang dilakukan oleh tenaga perpustakaan belum berjalan secara maksimal karena modul dalam aplikasi SLiMS belum tergunakan semua. Modul SLiMS yang sering digunakan yaitu bibliografi, protokol z39.50, sirkulasi, keanggotaan, master file, sistem, dan laporan. Sedangkan modul SLiMS yang jarang digunakan yaitu katalog online (OPAC) dan modul SLiMS yang belum digunakan yaitu terbitan berseri, inventarisasi, silang layan, dan katalog induk. Adapun kendala yang dihadapi dalam implementasi otomasi di Perpustakaan SMA N 2 Pemalang yaitu kurangnya dukungan dari pimpinan, masih terdapat sumber daya kurang paham penggunaan SLiMS, dan minimnya dana untuk pengadaan hardware. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkannya dukungan dari pimpinan, pelatihan kembali terkait penerapan SLiMS kepada semua staf perpustakaan, memperbarui komputer, dan penambahan jumlah komputer sehingga memperlancar pekerjaan di perpustakaan.
Penerapan otomasi perpustakaan ini sangat bermanfaat bagi Perpustakaan Sekolah dalam memberikan kemudahan serta membantu staf perpustakaan dan pengguna perpustakaan dalam melakukan kegiatan pengadaan dan pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan SMA N 2 Pemalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Otomasi Perpustakaan; SLiMS; Perpustakaan sekolah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2023 09:39
Last Modified: 20 Sep 2023 09:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics