Efektivitas penggunaan metode outing class dan hypnoteaching terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis karangan bebas kelas IV MI Negeri 7 Demak

Aniqoh, Ulya Abqory (2023) Efektivitas penggunaan metode outing class dan hypnoteaching terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis karangan bebas kelas IV MI Negeri 7 Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903096099_Ulya Abqory Aniqoh_Lengkap] Text (Skripsi_1903096099_Ulya Abqory Aniqoh_Lengkap)
Skripsi_1903096099_Ulya Abqory Aniqoh_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis karangan bebas. Penelitian kali ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Exsperimental Design dengan menggunakan rancangan desain One Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa pretest dan posttest. Dengan melibatkan seluruh siswa kelas 4 MI Negeri 7 Demak yang berjumlah 24 siswa.
Dari penelitian ini mendapatkan hasil analisis secara keseluruhan yang menunjukkan bahwa penggunaan metode outing class dan hypnoteaching cukup efektif terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis karangan bebas kelas IV MI Negeri 7 Demak. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji keefektifan yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 29 dan Microsoft Excel. Dari uji menggunakan Microsoft Excel dengan besar nilai 58,72%, sesuai dengan kategori keefektifan yang telah ditentukan, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode outing class dan hypnoteaching memiliki pengaruh yang cukup efektif dalam pembelajaran menulis karangan bebas kelas 4 MIN 7 Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Outing class; Hypnoteaching; Kemampuan menulis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:03
Last Modified: 21 Sep 2023 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21130

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics