Strategi manajemen humas dalam meningkatkan citra madrasah : studi kasus di MAN Kendal

Latifah, Amini (2022) Strategi manajemen humas dalam meningkatkan citra madrasah : studi kasus di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036063_Amini_Latifah] Text (Skripsi_1803036063_Amini_Latifah)
Skripsi_1803036063_Amini_Latifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi manajemen humas dalam meningkatkan citra di MAN Kendal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data atau pengecekan data menggunakan triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan humas dalam meningkatkan citra antara lain: 1) Strategi kerjasama. Dalam pelaksanaannya strategi ini dilakukan dengan menjalin kerjasama antara 2 pihak; pihak internal dan pihak eksternal. 2) Strategi promotif. Dalam pelaksanaan strategi ini dibagi menjadi 2 metode yaitu metode langsung dan tidak langsung. Hasil yang didapatkan melalui strategi tersebut adalah 1) Meningkatnya jumlah peserta didik baru pada setiap tahun, 2) Meningkatnya daya saing. Dalam upaya humas untuk meningkatkan citra madrasah tentu tidak terlepas dari kendala. Kendala ini antara lain: 1) Persaingan yang semakin kompetitif 2) Kerjasama yang kurang maksimal 3) Madrasah yang sering dipandang sebelah mata oleh publik. Dalam menghadapi beberapa kendala tersebut, humas memiliki cara agar citra madrasah tetap baik di mata publik. Solusi yang digunakan humas adalah 1) Meningkatkan kualitas madrasah, 2) Menjalin kerjasama dengan pihak yang menguntungkan sesuai dengan program, dan 3) Menunjukkan output yang berkualitas dan prestasi yang berhasil diraih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Humas; Citra Madrasah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Sep 2023 09:53
Last Modified: 21 Sep 2023 09:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21135

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics