Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar

Ningsih, Sulistia (2023) Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8 (2). pp. 51-60. ISSN 24769703 (Submitted)

[thumbnail of Artikel_1903096002_Sulistia Ningsih_Lengkap] Text (Artikel_1903096002_Sulistia Ningsih_Lengkap)
Artikel_1903096002_Sulistia Ningsih_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan gadget di masa sekarang telah merambah ke dunia pendidikan termasuk di sekolah dasar. Banyak orang tua memfasilitasi anaknya pada usia sekolah dasar dengan gadget sebagai media pembelajaran, alat komunikasi, alat bermain, dan untuk menyenangkan anak. Namun alasan tersebut tak selamanya baik. Anak-anak akan menganggap bahwa gadget adalah segalanya bagi mereka. Sehingga kondisi tersebut tentunya memiliki dampak terhadap kemampuan berpikir kritis anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 6 di Madarah Ibtidaiyah Nashrul Fajar Meteseh Tembalang. Metode kuantitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini dengan rancangan ex post facto. 32 peserta didik kelas 6 dijadikan sebagai subjek penelitian. Observasi, tes, angket, dan dokumentasi dipakai sebagai metode pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, dengan uji hipotesis sebagai analisis akhir. Dari hasil uji analisis statistik menggunakan software SPSS 26 dengan menggunakan uji statistik t, diperoleh hasil nilai thitung = 3,115 dan ttabel= 2,042.
Sehingga thitung> ttabel sebesar 3,115 ˃ 2,042. Maka H0 ditolak artinya variabel X (penggunaan gadget) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (kemampuan berpikir kritits). Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan gadget merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 6 di Madrasah Ibtidaiyah Nashrul Fajar Meteseh Tembalang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gadget; Berpikir kritis; Peserta didik; Sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel Jurnal (Journal Articles)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:14
Last Modified: 22 Sep 2023 06:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21146

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics