Haul Syekh Sihabuddin al-Yamani di Desa Yamansari Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal : tinjauan teori tindakan sosial Max Weber

Nada, Mia Himatun (2022) Haul Syekh Sihabuddin al-Yamani di Desa Yamansari Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal : tinjauan teori tindakan sosial Max Weber. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804016070_Mia_Himatun_Nada] Text (Skripsi_1804016070_Mia_Himatun_Nada)
Skripsi_1804016070_Mia_Himatun_Nada.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Haul adalah serangkaian kegiatan untuk memperingati jasa dan juga sebagai ucapan terima kasih kepada Syekh Sihabuddin sebagai pendiri Desa Yamansari yang sudah menyebarkan agama Islam dan sudah berjuang mengislamkan para leluhur di wilayah Jawa khususnya di Desa Yamansari sehingga desa ini menjadi desa yang agamis dengan mayoritas penduduknya 100% Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui asal-usul tradisi haul Syekh Sihabuddin al-Yamani serta perspektif sosiologi Max Weber terhadap tradisi haul Syekh Sihabuddin al-Yamani.
Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data primernya yaitu hasil wawancara dengan ulama dan tokoh keagamaan setempat. Sedangkan data sekundernya yaitu data yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi literature atau data laporan bacaan yang relevan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data serta verifikasi.
Hasil penelitian haul Syekh Sihabuddin al-Yamani di Desa Yamansari Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal (Tinjauan Teori Tindakan Sosial Max Weber) yaitu pertama, latar belakang haulnya Syekh Sihabuddin al-Yamani berawal dari ketika dulu ada seorang Habaib yang merupakan keturunan Hadramaut, lebih tepatnya di Negara Yaman datang untuk bertamu ke rumah Bapak KH. Chambali Utsman. Beliau datang ke Indonesia untuk mencari makam Syekh Sihabuddin al-Yamani, menurut beliau Syekh Sihabuddin ini merupakan seorang ulama yang menyebarkan ajaran agama Islam yang berasal dari Negara Yaman. Kedua, hampir semua masyarakat Desa Yamansari memandang adanya haul Syekh Sihabuddin al-Yamani ini adalah positi serta masyarakatnya sangat antusias di dalam mengikuti kegiatan haul tersebut, bahkan semua perlengkapan kegiatannya haul itu sendiri semuanya dari masyarakat. Ketiga, tradisi haul Syekh Sihabuddi al-Yamani ini merupakan salah satu kategori tindakan tradisionalnya Max Weber, yang mana ritual tersebut menjadi warisan leluhur pada zaman dahulu, yang dipercaya oleh masyarakat ada unsur religiusitasnya dari nenek moyang untuk generasi ke generasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Haul; Tradisi; Ritual; Teori Tindakan Sosial; Max Weber
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:35
Last Modified: 22 Sep 2023 09:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21155

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics