Fa``āliyah istikhdām istirātījiyyah al-naṣ al-`asywā’ī fī tarqiyah injāz ta`allum mahārah al-qirā’ah ladai al-talāmīż li ṣaff al-ṡāmin bi madrasah “Assalafiyah” al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah Sitanggal Brebes
Sauqi, Ahmad (2011) Fa``āliyah istikhdām istirātījiyyah al-naṣ al-`asywā’ī fī tarqiyah injāz ta`allum mahārah al-qirā’ah ladai al-talāmīż li ṣaff al-ṡāmin bi madrasah “Assalafiyah” al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah Sitanggal Brebes. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63211002_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (830kB) | Preview
63211002_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
63211002_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
63211002_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (250kB) | Preview
63211002_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (282kB) | Preview
63211002_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (169kB) | Preview
63211002_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (159kB) | Preview
63211002_Lampiran.pdf - Supplemental Material
Download (488kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa
yang belajar Bahasa Arab dengan menggunakan strategi teks acak di kelas VIII
MTs Assalafiyah Sitanggal Brebes. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang
belajar Bahasa Arab tanpa menggunakan strategi teks acak di kelas VIII MTs
Assalafiyah Sitanggal Brebes. (3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan
strategi teks acak dalam meningkatkan hasil belajar maharah qira’ah terhadap
siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal Brebes.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs
Assalafiyah Sitanggal Brebes tahun ajaran 2010-2011 yang terdiri dari tujuh kelas.
Adapun sampel yang di ambil adalah dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai
kelompok Eksperimen yang telah di ajar Qira’ah pada bab al hiwayah dengan
menggunakan strategi teks acak. Dan kelas VIII A sebagai kelompok kontrol yang
telah di ajar Qira’ah pada bab al hiwayah tanpa menggunakan strategi teks acak.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen, sedangkan
metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi
dan metode tes, sedangkan metode untuk menganalisa data penulis menggunakan
rumus T-Test.
Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) nilai siswa yang belajar maharah
qira’ah dengan menggunakan strategi teks acak kelas VIII MTs Assalafiyah
Sitanggal nilai rata-ratanya adalah 75,62. (2) nilai siswa yang belajar maharah
qira’ah tanpa menggunakan strategi teks acak kelas VIII MTs Assalafiyah
Sitanggal nilai rata-ratanya adalah71,56.
Bahwa pembelajaran maharah qira’ah dengan menggunakan strategi teks
acak terhadap siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal lebih efektif
dibandingkan tanpa menggunakan strategi tersebut. Dari segi nilai rata-rata,
karena perolehan nilai rata-rata terhadap siswa yang belajar menggunakan strategi
teks acak lebih besar dibandingkan nilai rata-rata siswa yang belajar tanpa
menggunakan strategi tersebut. Hal ini juga di tunjukkan dari hasil T Test yaitu
ttabel < thitung =1,96 < 1,67 berarti signifikan dan hipotesis dalam penelitian ini
diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Keterampilan Membaca Arab; Teks Acak; Metode Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 26 May 2014 09:10 |
Last Modified: | 26 May 2014 09:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2116 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year