Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia : studi kasus pada nasabah Bank Syariah Indonesia KC Kudus

Alvionika, Novia (2022) Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia : studi kasus pada nasabah Bank Syariah Indonesia KC Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036121_Novia_Alvionika] Text (Skripsi_1805036121_Novia_Alvionika)
Skripsi_1805036121_Novia_Alvionika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perbankan Syariah di Indonesia banyak mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini tentu harus diikuti dengan meningkatnya kualitas pelayanan dan kuantitas agar masyarakat yakin untuk menabung di bank syariah. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul “ Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Kudus”.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana kesetiaan nasabah kepada bank syariah apabila Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah benar-benar diterapkan pada bank syariah supaya bank syariah memiliki banyak nasabah yang loyal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data kuesioner dan studi kepustakaan. Objek dari penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia KC Kudus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat pengujian hipotesis berupa SPSS versi 20.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah secara bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Kudus. Meskipun kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan jika diuji secara parsial akan tetapi jika diuji bersama variabel kepuasan nasabah maka akan menjadi signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas pelayanan pada suatu lembaga jasa keuangan memang penting begitu pula dengan kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Nasabah; Loyalitas Nasabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Sep 2023 02:01
Last Modified: 23 Sep 2023 02:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics