Analisis peran stakeholder terhadap pencapaian good corporate governance di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Demak

Widiangga, Alifardi Anjar (2023) Analisis peran stakeholder terhadap pencapaian good corporate governance di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026136_Alifardi_Anjar_Widiangga] Text (Skripsi_1605026136_Alifardi_Anjar_Widiangga)
1605026136_Alifardi_Anjar_Widiangga_Full_Skripsi - Widiangga 99(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Zakat infaq serta sedekah sejatinya merupakan instrument dalam Islam yang bertujuan untuk bisa menanggulangi kemiskinan. Pengoptimalan pengelolaan, pendistribusian zakat harus senantiasa di maksimalkan guna mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Dengan peran dari badan atau lembaga yang kompeten, amanah, jujur dan adil, serta melalui tata kelola yang baik, maka potensi zakat di Indonesia akan dapat terwujud.
Fokus dari penelitian ini berkenaan dengan keikutsertaan dari stakeholders yaitu Pemerintah, muzakki, mustahiq serta BAZNAS Kabupaten Demak itu sendiri agar terciptanya Good Governance atau tata kelola yang baik dalam sebuah badan dan implikasi setelah diterapkannya Good Governance tersebut dalam BAZNAS Kabupaten Demak baik dalam hal akuntabilitas, transparansi, tanggungjawab, keadilan dan kemandirian.
Perolehan hasil analisis memuat informasi peran dari stakeholder agar terciptanya good corporate governance di BAZNAS Kabupaten Demak yang teridiri dari prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab, kemandirian, dan keadilan. Tetapi penerapan good governance belum bisa maksimal terhadap penghimpunan dan penditribusian zakat, sebab masih tedapat tantangan yaitu perlu adanya sosialisai agar masyarakat sadar untuk menunaikan zakat. Maka dari itu pihak stakeholder harus saling membatu agar tantangan ini dapat terwujud dan menjadikan masyarakat yang makmur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Good corporate governance; pengelolaan zakat; baznas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 23 Sep 2023 03:02
Last Modified: 23 Sep 2023 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21166

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics