Dampak psikologis bimbingan manasik online bagi calon jemaah haji lansia di KBIHU Muhammadiyah Kota Semarang

Jannah, Miftahul (2022) Dampak psikologis bimbingan manasik online bagi calon jemaah haji lansia di KBIHU Muhammadiyah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801056033_Miftahul_Jannah] Text (Skripsi_1801056033_Miftahul_Jannah)
Skripsi_1801056033_Miftahul_Jannah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Studi ini hadir sebagai respon adanya dampak pandemi Covid-19 dalam penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia. Dampak covid 19 bagi penyelenggaraan ibadah haji diantara pembatalan pemberangkatan ibadah haji tahun 2020 dan 2021. Selain itu, pandemi juga berdampak pada bimbingan manasik haji, dari offline ke online yang cenderung memiliki dampak luar biasa kepada jemaah, salah satunya dampak psikologis.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan manasik online di KBIHU Muhammadiyah Kota Semarang dan menganalisis dampak psikologis bimbingan manasik online bagi calon jemaah haji lansia. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif bersifat deskripstif, jenis field research, dengan pendekatan psikologi. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga kredibilitas dan keabsahan data digunakan triangulasi teknik dan sumber. Sumber data berasal dari jemaah haji lansia dan pembimbing manasik haji online KBIHU Muhammadiyah Kota Semarang. Sumber data pendukung bersal dari keluarga jemaah yang mengikuti bimbingan manasik online, KBIHU, dan sumber dokumen lainya. Setelah data terkumpul penulis menganalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan manasik yang di laksanakan di KBIHU Muhammdiyah Kota Semarang menggunakan metode PJJ (pembelajaran jarak jauh) / online dengan menggunakan aplikasi whatsaap, zoom dan youtube sebagai media bimbingan manasik online. Dampak psikologi bimbingan manasik bagi jemaah haji lansia ada dua. Yang pertama kecemasan, kecemasan terdiri dari dua bentuk yaitu kecemasan ringan dan sedang. Kecemasan ringan berbentuk tidak dapat menggunakan hp dan tidak dapat memahami materi bimbingan manasik. Sedangkan kecemasan sedang berbentuk mudah lupa terhadap materi yang sudah disampaikan. Dampak psikologis yang kedua yaitu stres, stres terdiri dari stres ringan dan sedang. Stres ringan berbentuk menangis dalam menghadapi bimbingan manasik online dan sakit dalam memikirkan bimbingan manasik online. Sedagkan stres sedang berbentuk kurang sabar dan kurang dapat mengontrol emosi, murung, dan tidak memiliki semangat mengikuti bimbingan manasik online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dampak Psikologis; Bimbingan; Manasik Haji Online; Jemaah Haji Lansia; KBIH
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Sep 2023 04:38
Last Modified: 23 Sep 2023 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21177

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics