Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya

Safitri, Lia (2023) Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903036022_Lia Safitri_Lengkap] Text (Skripsi_1903036022_Lia Safitri_Lengkap)
Skripsi_1903036022_Lia Safitri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh motivasi dan lingkungan kerja dalam peningkatan kinerja pegawai pada suatu instansi. Motivasi dan lingkungan kerja merupakan salah satu dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai. Manfaat penelitian ini yaitu dapat meningkatkan kesadaran pemimpin maupun pegawai dalam meningkatkan motivasi dan menyesuaikan serta menciptakan lingkungan kerja yang baik agar kinerja yang dihasilkan lebih memuaskan. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai Dinas Pendidikan Kabuapten Nagan Raya yang diambil dengan metode total sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menguji hipotesis menggunakan program SPSS.
Hasil perhitungan hipotesis pertama, motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi yang dimiliki oleh pegawai serta yang didapatkan dari pimpinan sangat rendah. Para pegawai hanya bekerja sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh atasan saja tanpa ingin berusaha mengembangkan potensi yang ada dalam diri dan mengaktualisasikan diri untuk lebih berkembang. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis kedua, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya. Artinya lingkungan kerja yang baik dapat meningkatkan kinerja pegawai dan menghasilkan kinerja yang mampu membantu instansi mencapai produktivitas yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Lingkungan; Kinerja
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:06
Last Modified: 25 Sep 2023 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics