Analisis nilai akademik siswa melalui jalur khusus dan reguler di MAN Purbalingga

Lestari, Catur Berliana (2023) Analisis nilai akademik siswa melalui jalur khusus dan reguler di MAN Purbalingga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903036035_Catur Berliana Lestari_Lengkap] Text (Skripsi_1903036035_Catur Berliana Lestari_Lengkap)
Skripsi_1903036035_Catur Berliana Lestari_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan siswa mencerminkan kualitas pendidikan. Dunia pendidikan perlu meningkatkan kualitas siswa dan hasil belajar siswa (nilai). Hal itu yang melatar belakangi MAN Purbalingga membuat kelas unggulan. Pada penelitian ini peneliti fokus kepada nilai akademik siswa jalur khusus dan reguler serta minat untuk meneruskan ke perguruan tinggi yang ada di MAN Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Analisis perbedaan nilai akademik siswa jalur khusus dan reguler.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan populasi kelas 12 MAN Purbalingga dan sampel proportional random sampling dengan persentase 50% kelas JK dengan jumlah 34 dan 50% kelas reguler dengan jumlah 141 anak. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Minitab 16 for windows 10. Adapun hasil analisis data yang diperoleh adalah terdapat perbedaan nilai akademik baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan siswa kelas jalur khusus dan reguler, yaitu terlihat dari H0 yang ditolak dikarenakan kedua nilai tersebut memiliki p-value 0,000 < alfa 0,05. Adapun saran yang dapat diberikan sebaiknya waka kurikulum, pengelola jalur khusus mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan yang telah didapatkan melihat dari nilai siswa jalur khusus yang memuaskan, selain itu saran yang diberikan untuk MAN Purbalingga agar lebih memperhatikan sarpras yang ada di kelas reguler.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis; Nilai akademik; Jalur khusus; Reguler
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:26
Last Modified: 25 Sep 2023 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21192

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics