Analisis perilaku santri dalam memilih pondok pesantren di lingkungan UIN Walisongo Semarang

Solichatun, Lilis (2023) Analisis perilaku santri dalam memilih pondok pesantren di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903036061_Lilis Solichatun_Lengkap] Text (Skripsi_1903036061_Lilis Solichatun_Lengkap)
Skripsi_1903036061_Lilis Solichatun_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan pesantren hadir sebagai perwujudan pendidikan Islam dari, oleh serta untuk masyarakat. Nilai-nilai agama diakui tidak hanya sebagai akar budaya bangsa, tetapi juga bagian integral dari pendidikan. Pendidikan pesantren juga berkembang sebab berbagai keterbatasan mata pelajaran kuliah dalam bidang agama. Pondok pesantren dari tahun ke tahun mengalami peningkatan hal ini menjadikan keunikan tersendiri untuk pondok pesantren sebab suatu lembaga pembelajaran swasta berbasis masyarakat bisa menjadi pilihan masyarakat. Hal ini dibuktikan juga dengan meningkatnya jumlah santri yang signifikan dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan santri dalam memilih pondok pesantren, yaitu faktor motivasi, biaya pendidikan dan lokasi terhadap keputusan santri memilih pondok pesantren di lingkungan UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berbentuk kuesioner. Pada penelitian ini, peneliti menyebar kuesioner ke tiga pondok pesantren yaitu PP. Daarun Najaah, PP. Al-Ma’rufiyyah dan PP Al-Masthuriyyah dari angkatan 2019, 2020, 2021 dan 2022, dengan mengambil sampel sebanyak 90 responden. Data kemudian dianalisis menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji f, uji t, uji koefisien determinan) dengan bantuan software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel biaya pendidikan dan lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan santri memilih pondok pesantren. Sedangkan, motivasi tidak berpengaruh terhadap keputusan santri memilih pondok pesantren. Secara simultan, semua variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan santri memilih pondok pesantren di lingkungan UIN Walisongo Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengambilan keputusan; Pondok pesantren; Motivasi; Biaya pendidikan; Lokasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:05
Last Modified: 25 Sep 2023 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21196

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics