Strategi diferensiasi produk pendidikan dalam menarik minat masyarakat di MTs Negeri 1 Grobogan

Afiana, Siska (2023) Strategi diferensiasi produk pendidikan dalam menarik minat masyarakat di MTs Negeri 1 Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903036064_Siska Afiana_Lengkap] Text (Skripsi_1903036064_Siska Afiana_Lengkap)
Skripsi_1903036064_Siska Afiana_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Banyak sekolah di Indonesia memiliki kecenderungan kesenjangan minat masyarakat. Kesenjangan jumlah peserta didik di sekolah juga dipengaruhi oleh minat. Sekolah melakukan strategi diferensiasi untuk menarik minat masyarakat. Penelitian ini fokus pada permasalahan 1) Bagaimana strategi diferensiasi produk pendidikan untuk menarik minat masyarakat. 2) Bagaimana minat masyarakat terhadap MTs Negeri 1 Grobogan dan Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumenasi, dan menyebar angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi diferensiasi produk pendidikan yang dilakukan oleh MTs Negeri 1 Grobogan meliputi kelas unggulan yaitu kelas tahfidz, sains, riset, bahasa, dan kelas olahraga yang dapat memberikan ciri khas untuk sekolah sehingga membedakan sekolah dengan sekolah lain. Program unggulan di MTs Negeri 1 Grobogan dibentuk sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Strategi diferensiasi MTs Negeri 1 Grobogan disesuaikan dengan unsur strategi diferensiasi produk yang terdiri dari strategi bentuk, strategi fitur, strategi kualitas kinerja, strategi kesesuaian, strategi daya tahan, strategi keandalan, strategi mudah diperbaiki, strategi gaya, dan strategi desain. 2) Minat masyarakat di MTs Negeri 1 Grobogan dapat diketahui melalui minat kognisi, afeksi, konasi, dan aksi yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta didik baru dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan mutu sekolah, serta kemauan masyarakat merekomendasikan sekolah kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Diferensiasi produk; Minat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:28
Last Modified: 25 Sep 2023 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21199

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics