Pengelolaan digitalisasi sistem informasi dan administrasi di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Grobogan

Fatekhah, Cindi (2023) Pengelolaan digitalisasi sistem informasi dan administrasi di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903036065_Cindi Fatekhah_Lengkap] Text (Skripsi_1903036065_Cindi Fatekhah_Lengkap)
Skripsi_1903036065_Cindi Fatekhah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas terjadinya kemajuan teknologi digital yang saat ini berkembang, sehingga diperlukan upaya dalam penyesuaian digitalisasi dengan memberikan pemberdayaan SDM agar memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam mengelola sistem informasi dan administrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengelolaan digitalisasi sistem informasi dan administrasi di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Grobogan dengan menerapkan : 1) Perencanaan digitalisasi sistem sistem informasi dan administrasi di Ponpes Sirojuth Tholibin Grobogan dengan mengadakan rekrutmen baik dari anggota Sekretaris, Multimedia, dan Website, penerimaan anggota, breafing sesuai dengan masing-masing bidang kepengurusan, serta penyusunan program kerja. 2) Pengorganisasian berupa pembagian struktur kepengurusan serta pemaparan job description. 3) Penggerakan dilakukan dengan dilaksanakannya program kerja serta evaluasi kerja. 4) Pengawasan dilakukan mulai pengesahan program kerja hingga kegiatan rapat tahunan. Demikian dengan mempersiapkan SDM dalam bidang digitalisasi, sehingga santri Sirojuth Tholibin mampu mengelola sistem informasi dan administrasi secara digital melalui : aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Pesantren “SIAP”, akun Instagram resmi, akun Youtube, dan Website resmi pondok pesantren Sirojuth Tholibin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Digitalisasi; Sistem informasi dan administrasi; Pondok pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2023 09:07
Last Modified: 25 Sep 2023 09:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21200

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics