Manajemen program unggulan keagamaan di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Bangsri

Rohmah, Seli Ainur (2023) Manajemen program unggulan keagamaan di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Bangsri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903036066_Seli Ainur Rohmah_Lengkap] Text (Skripsi_1903036066_Seli Ainur Rohmah_Lengkap)
Skripsi_1903036066_Seli Ainur Rohmah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

SMP Islam Terpadu Kholiliyah Bangsri memperkenalkan program unggulan berbasis keagamaan yang sejalan dengan visi religius, sehingga sesuai dengan harapan masyarakat untuk menyekolahkan anak di sekolah swasta akan tetap memungkin mereka memperoleh kegiatan keagamaan yang cukup. Penelti mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana manajemen program unggulan di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Bangsri? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat manajemen program unggulan di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Bangsri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menggambarkan fenomena yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) manajemen program unggulan keagamaan di SMP Islam Terpadu terbagi menjadi dua yaitu, manajemen program unggulan tahfidzul Qur’an dan manajemen program unggulan kitab kuning dalam pelaksanaannya dilaksanakan dengan baik melalui empat tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan/evaluasi 2) Faktor pendukung meliputi a) Tenaga pengajar berkompeten b) ruang dan fasilitas. Faktor penghambat a) rasa malas peserta didik b) Kemampuan peserta didik yang bervaritif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Program unggulan; Keagamaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2023 09:12
Last Modified: 25 Sep 2023 09:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21201

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics