Analisis kepemimpinan transformasional pada film 5 cm dan penerapannya dalam pendidikan

Putri, Dely Tresia (2023) Analisis kepemimpinan transformasional pada film 5 cm dan penerapannya dalam pendidikan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903036096_Dely Tresia Putri_Lengkap] Text (Skripsi_1903036096_Dely Tresia Putri_Lengkap)
Skripsi_1903036096_Dely Tresia Putri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Para pemimpin Pendidikan seringkali berfokus pada pencapaian tujuan akademik dan administrasi, tanpa mempertimbangkan factor-faktor social dan emo-sional yang mempengaruhi kinerja siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpi-nan pada Film “5 CM” dan penerapannya dalam Pen-didikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuali-tatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi ter-hadap objek film yaitu 5 CM. Analisis temuan menga-dopsi teori semiotika Charles Sanders Pierce yang dimodikasikan dalam mengambil tanda dalam sebuah film atau objek tertentu. Indikasi kepemimpinan trans-formasional menggunakan pendapat Kharis 2015 ada-lah berkharismatik, Stimulasi intelektual, motivasi in-spiratif dan perhatian individual.
Hasil penelitan ini didapatkan bahwa kepemimpi-nan transformasional pada film “5 Cm” didominasi oleh aspek stimulasi intelektual dan aspek perhatian individual, serta kurang dalam aspek karisma. Dominasi aspek mengarah pada kecenderungan film yang berte-makan persahabatan dan juga rasa nasionalisme serta kurangnya tanda-tanda akan adanya kharisma dalam film.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Transformasional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:42
Last Modified: 26 Sep 2023 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21205

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics