Efektivitas model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) bermuatan nilai karakter terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit

Khoirunnisa, Siti (2023) Efektivitas model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) bermuatan nilai karakter terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1908076025_Siti Khoirunnisa_Lengkap] Text (Skripsi_1908076025_Siti Khoirunnisa_Lengkap)
Skripsi_1908076025_Siti Khoirunnisa_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran kimia di SMAN 2 Cepu masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan pendidik yang aktif menjelaskan di depan kelas dan peserta didik akan pasif. Hal tersebut terjadi karena keterbatasan sumber belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada model pembelajaran PDEODE yang bermuatan nilai karakter pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Untuk pengumpulan data menggunakan penyebaran instrumen tes (pre-test dan post-test). Hasil uji instrumen tes (pre-test dan post-test) dianalisis menggunakan rumus korelasi Product Moment pada uji kelayakan instrumen tes melalui validasi peserta didik. Pengambilan sampling untuk uji tanggapan 72 peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di SMAN 2 Cepu menggunakan teknik cluster random sampling. Kriteria kelayakan instrumen soal pre-test dan post-test bersama 2 validator ahli. Hasil post-test untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,29% lebih besar dari kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 51,74%. Hasil hipotesis melalui uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dari Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE); Nilai karakter; Larutan elektrolit; Non elektrolit
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Sep 2023 02:20
Last Modified: 30 Sep 2023 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21227

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics