Pengaruh implementasi model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan strategi think talk write terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa

Nurrahmania, Vina (2023) Pengaruh implementasi model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan strategi think talk write terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1908076035_Vina Nurrahmania_Lengkap] Text (Skripsi_1908076035_Vina Nurrahmania_Lengkap)
Skripsi_1908076035_Vina Nurrahmania_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tantangan dunia global di abad 21 berkembang sangat cepat, sehingga dibutuhkan generasi emas yang mempunyai keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif dapat dibimbing melalui kegiatan belajar. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang memfasilitasinya yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi model pembelajaran Creative Probem Solving (CPS) dengan strategi Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design dan cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Creative Probem Solving (CPS) dengan strategi Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dibuktikan melalui data hasil uji N-gain kelas eksperimen (0,76) lebih tinggi daripada kelas kontrol (0,62) serta hasil uji hipotesis independent sample t test dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000. Artinya, Ha diterima atau implementasi model pembelajaran Creative Probem Solving (CPS) dengan strategi Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Creative; Problem solving; Perpikir kreatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Sep 2023 03:04
Last Modified: 30 Sep 2023 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21229

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics