Pengaruh Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kimia hijau
Astutik, Novi Puji (2023) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kimia hijau. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.
Skripsi_1908076071_Novi Puji Astutik_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Model pembelajaran yang belum melibatkan keaktifan siswa dalam belajar menyebabkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kurang berkembang. Selain itu materi pembelajaran yang belum menghubungkan masalah sosial atau isu sosial menjadikan materi kurang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi kimia hijau. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test – Post-test Design. Sampel penelitian yaitu siswa SMA N 1 Limbangan kelas X-1 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Nilai Asymp. Sig (2 tailed) pada hipotesis motivasi sebesar 0,017, sedangkan pada hipotesis keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai Asymp. Sig (2 tailed) sebesar 0,005. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji wilcoxon nilai Asymp. Sig (2 tailed) pada kedua variabel terikat tersebut tidak lebih besar dari nilai alpha yaitu 0,050, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat pengaruh model PBL berkonteks SSI terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi kimia hijau.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis; Motivasi; Kimia hijau; PBL berkonteks SSI |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 04:09 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 04:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21233 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year