Pengembangan alat praktikum projectile launcher berbasis Internet of Things (IoT) pada materi gerak parabola

Ardiansyah, Doni (2023) Pengembangan alat praktikum projectile launcher berbasis Internet of Things (IoT) pada materi gerak parabola. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1708066010_Doni Ardiansyah_Lengkap] Text (Skripsi_1708066010_Doni Ardiansyah_Lengkap)
Skripsi_1708066010_Doni Ardiansyah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat praktikum Projectile launcher berbasis internet of Things (IoT), mengetahui respon mahasiswa terhadap alat praktikum dan persentase ketelitian alat praktikum gerak parabola. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan metode Borg n Gall yang dilakukan hanya sampai tahap ketujuh yaitu tahap revisi produk setelah pengambilan data. Subjek penelitian ini adalah validator ahli materi, validator ahli media dan beberapa responden mahasiswa pendidikan fisika UIN Walisongo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan praktikum gerak parabola. Hasil uji validasi alat praktikum sebesar 91,76% termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan oleh uji validasi modul praktikum memperoleh presentase nilai sebesar 90,74% yang termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil respon mahasiswa mendapatkan persentase 86,56% termasuk dalam kategori sangat baik. Ketelitian pada tmaks berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa semakin besar sudut maka ketelitiannya semakin besar. Sementara pada xmaks, semakin besar sudut maka ketelitiannya akan semakin kecil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat praktikum projektile launcher berbasis intenet of things (IoT) pada materi gerak parabola dapat digunakan dengan layak untuk kegiatan praktikum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Praktikum, internet of things (IoT); Gerak parabola
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:10
Last Modified: 02 Oct 2023 03:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics