Pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains untuk mengukur keterampilan berpikir kritis pada materi kalor SMP/ MTs

Febrianti, Aulia Hera (2023) Pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains untuk mengukur keterampilan berpikir kritis pada materi kalor SMP/ MTs. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1808066058_Aulia Hera Febrianti_Lengkap] Text (Skripsi_1808066058_Aulia Hera Febrianti_Lengkap)
Skripsi_1808066058_Aulia Hera Febrianti_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen tes berbasis literasi sains pada materi kalor SMP/MTs, mengetahui respon peserta didik terhadap instrumen tes yang dikembangkan, serta mengukur tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall. Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII B dan subjek uji skala luas terdiri dari peserta didik kelas VII B dan VII C MTs Al-Hadi Girikusuma. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes literasi sains materi kalor, angket instrumen tes berbasis literasi sains, dan dokumentasi. Hasil validasi diperoleh persentase rata-rata sebesar 97% kriteria sangat valid; uji reliabilitas didapatkan hasil yang reliabel dengan nilai sebesar 0,63 pada kriteria tinggi. Respon peserta didik terhadap instrumen yang dikembangkan menunjukkan rata-rata nilai 87% dengan kategori baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor 1,55% kategori sangat kritis; 46,95 % kritis; 44,85 % kurang kritis, dan 6,65 % peserta sangat kurang kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes; Literasi sains; Berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:18
Last Modified: 02 Oct 2023 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21240

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics