Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di MA Khozinatul Ulum Blora
Ningrum, Nila Mustika (2023) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di MA Khozinatul Ulum Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.
Skripsi_1808056053_Nila Mustika Ningrum_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa di MA Khozinatul Ulum Blora. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Khozinatul ulum Blora.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen true experimental berupa pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MA Khozinatul ulum blora yang berjumlah 133 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X.IPA.2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X.IPA.1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran make a match sedangkan pada kelas kontrol menerapkan model pembelajaran ceramah.
Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata posttest diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol secara berturut-turut adalah 15,750 dan 13,242. Dengan menggunakan rumus t-tabel diperoleh bahwa nilai thitung = 2,050 > 1,996 =ttabel maka h1 diterima. Artinya rata-rata
kelas yang menerapkan model pembelajaran make a match
lebih tinggi daripada kelas yang menerapkan model pembelajaran ceramah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif terhadap hasil belajar matematika kelas X di MA Khozinatul Ulum Blora.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Make a match; Hasil belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 07:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21243 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year