Pengaruh motivasi belajar matematika dan kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 1 Limbangan tahun pelajaran 2022/2023

Fath, Galant Hilmansyah Al (2023) Pengaruh motivasi belajar matematika dan kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 1 Limbangan tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1808056086_Galant Hilmansyah Al Fath_Lengkap] Text (Skripsi_1808056086_Galant Hilmansyah Al Fath_Lengkap)
Skripsi_1808056086_Galant Hilmansyah Al Fath_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki siswa diantaranya dipengaruhi oleh motivasi belajar matematika dan kecemasan matematis sehingga perlu mengontrol kedua hal tersebut agar kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar matematika (X_1) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (Y) siswa kelas XI SMAN 1 Limbangan tahun pelajaran 2021/2022; (2) apakah terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan matematis (X_2) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (Y) siswa kelas XI SMAN 1 Limbangan tahun pelajaran 2021/2022; (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar matematika (X_1) dan kecemasan matematis (X_2) secara simultan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (Y) siswa kelas XI SMAN 1 Limbangan tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Limbangan tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 215 siswa yang diambil menggunakan teknik saturation sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar matematika terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi; (2) terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar matematika dan kecemasan matematis secara simultan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Matematika; Kecemasan matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:32
Last Modified: 10 Jul 2024 08:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21253

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics