Implementasi model pembelajaran problem based introduction dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI pada materi program linear

Hidayah, Diah Taufika (2022) Implementasi model pembelajaran problem based introduction dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI pada materi program linear. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056021_Diah_Taufika_Hidayah] Text (Skripsi_1808056021_Diah_Taufika_Hidayah)
Skripsi_1808056021_Diah_Taufika_Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan agar meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Problem Based Introduction. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang berkaitan dengan mata pelajaran program linear. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana peneliti bertindak langsung didalam kelas untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Problem Based Introduction. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes dengan melakukan tes kemampuan pemecahan pada siklus I dan tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus II dan melakukan observasi dimana data yang dihasil dari observasi pada siklus I menunjukkan 35.55% dan pada siklus II menunjukkan 90.62%. Hasil tes pada kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 55.75 dan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 86.34, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Based Introduction; Pemecahan masalah matematika; Program linear
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:18
Last Modified: 03 Oct 2023 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21260

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics