Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)

Azka, Muhammad Fahri (2022) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056034_Muhammad_Fahri_Azka] Text (Skripsi_1808056034_Muhammad_Fahri_Azka)
Skripsi_1808056034_Muhammad_Fahri_Azka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Subjek penelitian terdiri dari masing-masing satu siswa dengan skor penilaian tinggi, skor penilaian sedang dan skor penilaian rendah pada pelajaran matematika, kemudian ketiga siswa tersebut diberikan soal tes tertulis mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis kemudian diwawancarai. Untuk pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu melaksanakan semua indikator Polya yakni memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian masalah dan memeriksa kembali. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang mampu menyelesaikan indikator kemampuan pemecahan masalah memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah belum mampu menyelesaikan semua indikator kemampuan pemecahan masalah Polya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah matematis; SPLDV
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:45
Last Modified: 03 Oct 2023 10:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21262

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics