Efektivitas metode kauny quantum memory pada hafalan ayat Al-Qur’an mata pelajaran PAI kelas IV, V dan VI SDIT Bustanul Hidayah Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal

Ulumudin, Faiz (2023) Efektivitas metode kauny quantum memory pada hafalan ayat Al-Qur’an mata pelajaran PAI kelas IV, V dan VI SDIT Bustanul Hidayah Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016130_FAIZ_ULUMUDIN] Text (SKRIPSI_1603016130_FAIZ_ULUMUDIN)
1603016130_FAIZ ULUMUDIN_Full Skripsi - Faiz Ulumudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Menghafalkan al-Qur’an merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia, baik di hadapan manusia, lebih-lebih dihadapan Allah SWT. Untuk mempermudah dalam proses menghafal al-Qur’an, maka diperlukan sebuah metode yang dapat membantu seseorang supaya lebih mudah dalam menghafalkan al-Qur’an. Tak jarang orang-orang baik dari yang masih anak-anak hingga yang sudah dewasa kerap kali mengalami kesulitan dalam proses menghafal ayat-ayat al-Qur’an. Oleh karenanya, penggunaan metode yang dapat mempermudah dalam proses menghafal ayat al-Qur’an sangat diperlukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan metode Kauny Quantum Memory terhadap hafalan ayat al-Qur’an pada mata pelajaran PAI kelas IV, V dan VI di SDIT Bustanul Hidayah Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (experimental method) dengan desain Pre-Eksperimental Design berbentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan seluruh populasi siswa kelas IV, V dan VI di sekolah tersebut yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil tes dengan menggunakan metode Kauny Quantum Memory antara sesi pretest maupun sesi posttest. Hal ini dibuktikan dengan uji “t” dengan hasil thitung = 6,06, α = 5% dan 1%, dk = 30 maka diperoleh ttabel 5% = 2,04 dan ttabel 1% = 2,75 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti metode Kauny Quantum Memory efektif ketika digunakan dalam proses pembelajaran khususnya dalam menghafal ayat al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Kauny Quantum Memory; Hafalan Ayat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 04 Oct 2023 10:32
Last Modified: 04 Oct 2023 10:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21269

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics