Implementasi model pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X di MAN Demak dalam pelajaran fikih materi pokok zakat semester I tahun ajaran 2010/2011

Muiz, Abdul (2011) Implementasi model pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X di MAN Demak dalam pelajaran fikih materi pokok zakat semester I tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111099-Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111099-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (757kB) | Preview
[thumbnail of 63111099-Bab1.pdf]
Preview
Text
63111099-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 63111099-Bab2.pdf]
Preview
Text
63111099-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 63111099-Bab3.pdf]
Preview
Text
63111099-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 63111099-Bab4.pdf]
Preview
Text
63111099-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 63111099-Bab5.pdf]
Preview
Text
63111099-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 63111099-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111099-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya pada peserta didik kelas X di MAN Demak dalam pelajaran Fikih materi pokok Zakat Semester I Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Apakah penggunaan model pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X di MAN Demak dalam pelajaran Fikih materi pokok Zakat Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui model pembelajaran tutor sebaya dengan menciptakan suasana pembelajaran diskusi aktif yang dipimpin oleh seorang tutor maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar lebih maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, rata-rata hasil belajar 59, 23 dan ketuntasan klasikal 28,95%. pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran tutor sebaya rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 61, 08 dan ketuntasan klasikal menjadi 48, 65%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan. Rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 78, 57 dan ketuntasan klasikalnya 85, 71%. Keaktifan peserta didik dari siklus 1 sampai siklus II yaitu dari 5, 9% meningkat menjadi 7, 4%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran tutor sebaya dibanding dengan model pembelajaran sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut masih terdapat peserta didik yang mempunyai nilai skor terakhir dan nilai hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60. Hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga, lingkungan sekolah yang tidak mendukung dan daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah.
Meskipun demikian hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya. Penerapan model tutor sebaya memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman peserta didik dalam kualitas pembelajaran, misalnya: keberanian peserta didik untuk bertanya atau menyampaikan ide/pendapat meningkat, peserta didik terpusat pada pembelajaran, dan nilai hasil belajar meningkat.
Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih. Dorongan belajar atau motivasi atau keaktifan belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pelajaran Fikih; Zakat; Tutor Sebaya; Model Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 May 2014 09:44
Last Modified: 28 May 2014 09:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics