Pengaruh inflasi, risiko likuditas, dan non perfoming financing terhadap stabilitas bank umum syariah

Ludviani, Retno (2023) Pengaruh inflasi, risiko likuditas, dan non perfoming financing terhadap stabilitas bank umum syariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1805036004_Retno Ludviani_Lengkap] Text (Skripsi_1805036004_Retno Ludviani_Lengkap)
Skripsi_1805036004_Retno Ludviani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi akan bergerak secara optimal apabila mampu menjaga dan memelihara kestabilan keuangan dengan baik. Kondisi sistem keuangan adalah suatu kondisi sistem keuangan nasional yang berfungsi efektif dan efesien serta mampu bertahan terhadap dampak internal dan eksternal, sehingga alokasi sumber pendanaan dan pembiayaan dapat berkonstribusi terhadap pertumbuhan dan stabilitas perekonomian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Inflasi, Risiko Likuiditas, Dan Non Perfoming Financing Terhadap Stabilitas Bank Umum Syariah. Jenis penelitian yang digunnakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber dari data sekunder. Populasi pada penelitian ini yaitu laporan keuangan bank umum syariah yang tercatat OJK dengan sampel penelitian laporan statistik periode Januari 2018 – Desember 2022. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan diuji terlebih dahulu menggunakan uji asumsi klasik untuk memastikan kelayakan data.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa variabel Inflasi tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Stabilitas Bank Umum Syariah. Variabel Risiko Likuiditas secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Stabilitas Bank Umum Syariah. Variabel Non Perfoming Financing secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap Stabilitas Bank Umum Syariah. Variabel Inflasi, Risiko Likuiditas, Non Perfoming Financing berpengaruh signifikan terhadap Stabilitas Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Stabilitas; Inflasi; Risiko likuiditas; Non perfoming financing; Bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:16
Last Modified: 05 Oct 2023 08:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21277

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics