Upaya penguatan pendidikan karakter melalui kitab al-akhlak lil banin jilid 1 di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula NU 18 Al-Falahiyah Kendal

Kurniati, Kurniati (2023) Upaya penguatan pendidikan karakter melalui kitab al-akhlak lil banin jilid 1 di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula NU 18 Al-Falahiyah Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016166_KURNIATI] Text (SKRIPSI_1603016166_KURNIATI)
1603016166_Kurniati_Full Skripsi - nia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya penguatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Al-Akhlak Lil Banin jilid 1 di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula NU 18 Al-Falahiyah
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) yang bersifat deskriftis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa upaya penguatan nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Al-Akhlak Lil Banin di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula NU 18 Al-Falahiyah yakni: nilai religius, nilai kedisiplinan, nilai cinta kebersihan, dan nilai-nilai keluarga. Madarasah Diniyah Al-Falahiyah menggunakan beberapa metode diantaranya, metode pemahaman, pembiasaan, suri tauladan atau keteladanan, dan mewajibkan para murid untuk menaati segala peraturan yang ada di Madrasah (reward and punishment). Dimana dari keempat nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin ini dan metode penanaman Pendidikan karakter sudah terimplementasikan dengan cukup baik dan mulai adanya penanaman lebih untuk menguatkan nilai pendidikan karakter tersebut kepada para murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Kitab Al-Akhlak Lil Banin
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Oct 2023 09:33
Last Modified: 05 Oct 2023 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21280

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics