Pengaruh pengetahuan, religiusitas dan kepercayaan terhadap minat bayar zakat, infak, sedekah (ZIS) di tokopedia salam : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

Yanti, Risa Hari (2023) Pengaruh pengetahuan, religiusitas dan kepercayaan terhadap minat bayar zakat, infak, sedekah (ZIS) di tokopedia salam : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026085_Risa_Hari_Yanti] Text (Skripsi_1805026085_Risa_Hari_Yanti)
1805026085_Risa Hari Yanti_Lengkap_Tugas Akhir - Risa Hari Yanti.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Adanya internet dan pandemi Covid-19 menyebabkan gaya hidup berubah yang semula offline menjadi online. Hal tersebut membawa adanya digitalisasi zakat, dimana pembayaran zakat bisa dibayarkan melalui platform, salah satunya yaitu melalui e-commerce Tokopedia. Generasi milenial cenderung lebih suka membayar ZIS melalui media online atau platform karena lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas, dan kepercayaan terhadap minat mahasiswa membayar ZIS di Tokopedia Salam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh responden yang menjadi sampel dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Data yang diperoleh dari responden diolah menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS v.24.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa membayar ZIS di Tokopedia Salam dengan nilai signifikansi 0.003 dan nilai t hitung 3.002. Nilai signifikan dan t hitung variabel religiusitas yaitu 0.010 dan 2.625 artinya variabel religiusitas berpengaruh terhadap minat mahasiswa membayar ZIS di Tokopedia Salam. Variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa membayar ZIS di Tokopedia Salam dengan nilai signifikansi 0.00 dan t hitung 5.987.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; ZIS; tokopedia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:36
Last Modified: 06 Oct 2023 08:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21292

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics