Penerapan e-learning berbasis whatsapp group dalam pembelajaran SKI pada masa pandemi covid-19 di MA Al-Asror Semarang

Rozaq, Alwi Abdul (2023) Penerapan e-learning berbasis whatsapp group dalam pembelajaran SKI pada masa pandemi covid-19 di MA Al-Asror Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016199_ALWI_ABDUL_ROZAQ] Text (SKRIPSI_1603016199_ALWI_ABDUL_ROZAQ)
1603016199_Alwi Abdul Rozaq_full skripsi - AL_ARO 98.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang whatsapp group sebagai alternatif penerapan E-Learning dalam pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) pada masa pandemi covid-19 di MA Al-Asror Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas whatsapp group sebagai alternatif penerapan E-Learning dalam pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), imbas adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) berubah menjadi KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) secara daring/E-Learning.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di MA Al-Asror Kota Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI, dan guru SKI. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data, yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara yang disertai dengan dokumentasi sebagai pendukung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-learning berbasis whatsapp group dalam pembelajaran SKI pada masa covid-19 di MA Al-Asror Kota Semarang, kurang efektif. Pelaksanaan pembelajaran sebenarnya sudah dilakukan secara sistematis, mulai dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, namun dilakukan secara online. Pembelajaran secara daring/online dengan memanfaatkan e-learning berbasis whtasapp group, dinilai tidak lebih efektif daripada pembelajaran secara tatap muka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Learning; Whatsapp Group; Pembelajaran SKI; Covid-19.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 06 Oct 2023 09:54
Last Modified: 06 Oct 2023 09:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21293

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics