Tingkat kesadaran mahasiswa PAI UIN Walisongo Semarang tentang pentingnya pendidikan seks dalam islam

Amriyah, Ulil (2023) Tingkat kesadaran mahasiswa PAI UIN Walisongo Semarang tentang pentingnya pendidikan seks dalam islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016001_ULIL_AMRIYAH] Text (SKRIPSI_1703016001_ULIL_AMRIYAH)
1703016001_Ulil Amriyah_Skripsi Full - Ulil Amri704.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (882kB)

Abstract

Pendidikan seks dalam Islam merupakan pendidikan yang tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan lain seperti pendidikan akidah, akhlak dan ibadah apabila dipisah maka akan berbahaya. Pendidikan seks dalam Islam juga penting untuk dipelajari karena salah satunya sebagai tindak preventif tindak pelecehan seksual bukan hanya penting untuk orang tua tapi seluruh lapisan masyarakat termasuk mahasiswa juga perlu mempelajari pendidikan seks. akan tetapi masih banyak mahasiswa yang menganggap bahwa pendidikan seks adalah sebuah hal yang tabu untuk dibicarakan, yang akhirnya berakibat kurangnya kesadaran mahasiswa akan pentingnya pendidikan seks dalam Islam yang bisa menyebabkan terjadinya pelecehan seksual dilingkungan kampus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat tinggi rendahnya kesadaran mahasiswa Pai UIN Walisongo Semarang tentang pentingnya pendidikan seks dalam Islam. Dengan rumusan masalah Bagaimana tingkat kesadaran pendidikan seks dalam Islam pada mahasiswa PAI UIN Walisongo Semarang?
Untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam penelitian ini peneliti menggunakan Jenis dan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dengan mencari mean, median, modus standard deviasi dan variasi sekaligus, mencari nilai tertinggi dan terendah dari data yang ada.
Hasil dari penelitian ini dengan sampel sebanyak 38 responden dari populasi sebanyak 975 mahasiswa menunjukkan kesadaran mahasiswa Pai UIN Walisongo Semarang tentang pentingnya pendidikan seks dalam Islam masuk kedalam kategori sedang. Mahasiswa yang memiliki kesadaran tinggi 19% (22 mahasiswa) sebagian besar dari mereka memiliki pengetahuan, pemahaman, sikap dan tindakan tentang pentingnya pendidikan seks dalam Islam yang baik atau cukup. Mahasiswa yang memiliki tingkat kesadaran yang sedang yaitu sebanyak 63% (71 mahaiswa) menunjukkan bahwa mereka memiliki pengetahuan, pemahaman, sikap dan tindakan yang cukup terkait informasi tentang pentingnya pendidikan seks yang sesuai dengan agama Islam. Mahasiswa yang memiliki kesadaran tinggi dan sedang rata-rata tahu bahwa pendidikan seks dalam islam bukan suatu hal yang baru serta penting untuk dipelajari karena membekali anak dari hal-hal yang berbau negativ seperti pelecehan seksual sampai eksploitasi seksual. Sedangkan 20 mahasiswa 18% yang memiliki kesadaran rendah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang kurang terkait pentingnya pendidikan seks dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesadaran; Pendidikan Seks dan UIN Walisongo Semarang
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 06 Oct 2023 10:15
Last Modified: 06 Oct 2023 10:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21295

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics