Nilai-nilai pendidikan islam dalam pendidikan life skill di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang

Sari, Desi Novia Duwi Rupika (2023) Nilai-nilai pendidikan islam dalam pendidikan life skill di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016033_DESI_NOVIA_DUWI_RUPIKA] Text (SKRIPSI_1703016033_DESI_NOVIA_DUWI_RUPIKA)
1703016033_DESI NOVIA DUWI RUPIKA SARI_LENGKAP TUGAS AKHIR - desinovia drs.official.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pendidikan life skill di pondok pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap Nilai-Nilai pendidikan Islam dalam pendidikan life skill dan proses internalisasinya di pondok pesatren Fadhlul Fadhlan Semarang. Studi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan nilai pendidikan Islam dalam pendidikan life skill di pondok pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang, meliputi; pertama, nilai ilahiyah yang terdiri dari 1)nilai keimanan, 2)nilai ubudiyah, 3)nilai muamalah. Kedua, Nilai isaniyah yang terdiri dari 1)nilai sosial, 2)nilai etika, 3)nilai estetika. Proses internalisasi nilai pendidikan Islam dalam pendidikan life skill di pondok pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu 1)tahap transformasi nilai, 2)tahap transaksi nilai, 3)tahap transinterlalisasi nilai. Metode internalisasi nilai yang diterapkan yaitu 1)peneladanan, 2)pembiasaan dan 3)pemberian motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam; Pendidikan Life Skill; Internalisasi Nilai.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:07
Last Modified: 07 Oct 2023 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics