Strategi dakwah pengurus lembaga Qaryah Tayyibah di Desa Tambahrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan

Azizi, Muharror Ali (2022) Strategi dakwah pengurus lembaga Qaryah Tayyibah di Desa Tambahrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036113_Muharror_Ali_Azizi] Text (Skripsi_1701036113_Muharror_Ali_Azizi)
Skripsi_1701036113_Muharror_Ali_Azizi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada: Bagaimana strategi dakwah pengurus lembaga qaryah tayyibah di Desa Tambahrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah pengurus lembaga Qaryah Tayyibah tersebut. Strategi dakwah pengurus lembaga Qaryah Tayyibah di Desa Tambahrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan merupakan suatu usaha untuk mewujudkan masyarakat Desa yang Islami dengan cara efisien dan efektif.
Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari Pengurus lembaga Qaryah Tayyibah Desa Tambahrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Sumber data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal, artikel, dokumentasi dan sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Sedangkan untuk memperoleh informasi dan data peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari data yang terkumpul, peneliti menganlisis menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Dakwah Pengurus Lembaga Qaryah Tayyibah di Desa Tambahrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan diantaranya: (1) Corporate Strategy (Strategi Organisasi). (2) Program Strategy (Strategi Program). (3) Resource Support Strategy (Strategi Pendukung Sumber Daya). (4) Institusional Strategy (Strategi Kelembagan).
Faktor pendukung Strategi Dakwah Pengurus Lembaga Qaryah Tayyibah di Desa Tambahrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan diantaranya: (1) Adanya kedekatan hubungan secara emosional antara pengurus lembaga Qaryah Tayyibah. (2) Hubungan antara masyarakat dan para pengurus lembaga qaryah tayyibah yang baik. (3) Tanggapan positif masyarakat Tambahrejo terhadap lembaga Qaryah Tayyibah. (4) Motivasi dan arahan yang diberikan tim kepada pengurus dan masyarakat desa. (5) Kerjasama antara pengurus lembaga Qaryah Tayyibah.
Faktor Penghambat Strategi Dakwah Pengurus Lembaga Qaryah Tayyibah di Desa Tambahrejo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan diantaranya: (1) Keterbatasan waktu dan tempat, karena adanya bencana pandemi Covid -19. (2) Adanya peraturan pemerintah terkait pembatasan kegiatan masyarakat. (3) Kepribadian masyarakat yang beraneka ragam latar belakang. (4) Mayoritas pemuda masyarakat Desa Tambahrejo bekerja di luar kota (merantau).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Qaryah Tayyibah; Masyarakat desa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Oct 2023 08:18
Last Modified: 07 Oct 2023 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21310

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics