Analisis manajemen risiko produk gadai emas di Bank Syariah Indonesia (BSI) : studi kasus BSI Kcp Semarang Sudiarto

Khazanah, Nurul (2022) Analisis manajemen risiko produk gadai emas di Bank Syariah Indonesia (BSI) : studi kasus BSI Kcp Semarang Sudiarto. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1805036090_Nurul Khazanah_Lengkap] Text (Skripsi_1805036090_Nurul Khazanah_Lengkap)
Skripsi_1805036090_Nurul Khazanah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Risiko yang muncul seiring dengan pertumbuhan industri perbankan dapat memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan. Salah satu bentuk penganan risiko yakni dengan melakukan manajemen risiko yang baik. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui penerapan manajemen risiko produk gadai emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Sudiarto (2) Mengetahui risiko produk gadai emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Sudiarto (3) Mengetahui cara mengatasi risiko produk gadai emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Sudiarto.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang berasal dari pihak BSI KCP Semarang Sudiarto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen, Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Implementasi manajemen risiko pada produk gadai emas PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Semarang Sudiarto dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko, dan pengendalian risiko. Risiko-risiko yang krusial pada PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Semarang Sudiarto yaitu risiko pembiayaan, risiko operasional, risiko pasar dan risiko reputasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen risiko; Gadai emas; Bank Syariah Indonesia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:36
Last Modified: 09 Oct 2023 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21318

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics