Efektivitas model pembelajaran discovery learning dan mind mapping pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VII SMPN 29 Semarang

Nurrahmah, Afifah Intan (2023) Efektivitas model pembelajaran discovery learning dan mind mapping pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VII SMPN 29 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016088_AFIFAH_INTAN_NURRAHMAH] Text (SKRIPSI_1703016088_AFIFAH_INTAN_NURRAHMAH)
1703016088_Afifah Intan Nurrahmah_Lengkap Tugas Akhir - Afifah Intan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning dan mind mapping pada materi salat jama’ dan qasar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII tahun ajaran 2021/2022. Adapun tingkat efektivitas dapat diketahui dengan membandingkan hasil nilai pretest dan postest. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya daya serap siswa terhadap materi terkait dan pengoptimalan model pembelajaran yang sebelumnya pernah diterapkan oleh guru.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi experiment atau semu eksperimen. Adapun jenis rancangan quasi experiment yang digunakan adalah the non-equivalent control group atau the pretest-posttest no-treatment control group design. Kemudian populasinya seluruh kelas VII SMP N 29 Semarang berjumlah 264 peserta didik yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dipilih secara random menggunakan teknik cluster random sampling atau klaster random. Berdasarkan hasil pengambilan acak didapat kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen. Adapun model pembelajaran yang diterapkan pada kelas kontrol adalah ceramah dan tanya jawab. Sedangkan pada kelas VII F diterapkan treatment berupa model pembelajaran discovery learning dan mind mapping. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes berbentuk soal pilihan ganda.
Hasil perhitungan Mann-Whitney dengan kriteria signifikansi (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, pada penelitian ini diperoleh = 0,038. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dan mind mapping dengan pembelajaran yang konvensional. Kemudian, pada tahap akhir dilakukan uji tingkat efektivitas terhadap model pembelajaran discovery learning dan mind mapping.
Hasil analisis uji tingkat efektivitas menggunakan NGain Scores dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 0,4444. Angka ini menginterpretasikan bahwa tingkat efektivitas model pembelajaran discovery learning dan mind mapping adalah sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivas; Discovery Learning; dan Mind Mapping
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:23
Last Modified: 09 Oct 2023 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21335

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics